Masuk Sekolah Pukul 5 Pagi; Pak Gubernur NTT Sehat?

Masuk Sekolah Pukul 5 Pagi; Pak Gubernur NTT Sehat?


Gubernur NTT, Viktor Laiskodat mengeluarkan kebijakan masuk sekolah pukul 5 pagi untuk siswa SMA dan SMK di daerahnya. Tak ayal kebijakan ini dikritik sebagai kebijakan konyol karena bukannya memberikan solusi tapi justru menimbulkan masalah baru.

Tapi, Viktor Laiskodat tetap jalan terus. Ia tak peduli kebijakannya itu bakal berdampak luas dan sistemik tak hanya kepada siswa dan guru tapi juga kebanyakan masyarakat NTT khususnya orang tua siswa.

Banyak pengamat yang menilai, kebijakan Gubernur itu bukanlah sebuah solusi tapi justru sebaliknya.

Mereka menilai, terlalu sepele jika melihat masalah pendidikan hanya dari perubahan jam masuk sekolah.

Baca Juga: Thrifting; Dicari dan Dibenci

Karena, masalah pendidikan menengah di wilayah timur Indonesia itu, setidaknya terdapat tiga masalah yakni; sarana dan prasarana yang masih terbatas, akses pendidikan dan kualitas guru.

Sehingga idealnya pembenahan maupun kebijakan yang dibangun Gubernur NTT mengacu pada tiga masalah tersebut bukan justru mengubah jam masuk.

Riset Jam Masuk Sekolah yang Ideal

Selain itu, berdasarkan riset juga menunjukkan jika kerja otak manusia mulai efektif dan aktif justru dimulai dari pukul 7 sampai pukul 8 pagi.

Jadi, kebijakan Gubernur NTT itu bukan hanya berdampak pada perubahan mendasar pendidikan tapi juga mengubah secara langsung kemampuan siswa dalam menerima pelajaran.

Masuk Sekolah Pukul 5 Pagi ala Gubernur Viktor

Sebelumnya, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat mengeluarkan kebijakan 'visioner' yakni masuk sekolah pukul 5 pagi yang berlaku sejak akhir Februari 2023 lalu.

Dan, sebagai percontohannya dipilihlah siswa SMAN 6 Kota Kupang. 

Lucunya, Kepala Dinas Pendidikan NTT justru menganggap kebijakan ini sebagai solusi yang tepat untuk masalah pendidikan di NTT.

Kadis Pendidikan NTT, Linus Lusi bahkan terkesan memaksakan bahwa kebijakan masuk sekolah pagi ini sebagai upaya restorasi pendidikan.

Linus Lusi juga yakin, kebijakan masuk sekolah pukul 5 pagi ini menjadi langkah awal inovasi percepatan pembaharuan pendidikan dengan target pembinaan watak, karakter serta penanaman nilai-nilai akademik serta sosial tumbuh dan berkembang pada ekosistem persekolahan di pagi hari. Sehat Pak?


Posting Komentar

Terima kasih karena telah berkenan memberikan komentar yang membangun untuk blog ini

Lebih baru Lebih lama